Namanya Anggrek kuku macan (Aerides odorata Lour., Fl. Cochinch)


1538794_10202134585463554_126463178_n

Setelah sekian tahun lamanya, aku baru tahu jika nama anggrekku ini adalah Anggrek Kuku macan (Aerides odorota Lour., Fl. Cochinch). Anggrek ini aku dapat dari teman SDku dan dulu banyak di jumpai di tempat tinggalku. Tapi sayang anggrek ini sekarang hanya ada beberapa orang yang mempunyainya…

Dulu nasib anggrek iki tragis dan tak terawat. Dulu Ibu menempelkannya di pohon kelapa dan jarang sekali di siram. Kemudian karena pohon kelapanya mati karena di makan rayap, akhirnya anggrek ini di pindahkan ke pohon jarak merah yang tingginya kira-kira setengah meter. Namun karena anak SD di dekat rumah usil terhadap tanaman dirumah akhirnya di pindahkan lagi di pot yang berisi sabut kelapa dan di gantung. Di sana perkembangan anggrek cukup baik karena sering di siram olehku. Dan karena akar anggrek yang menjuntai kemana-mana akhirnya anggrek ini di pindahkan ke pohon kelengkeng peninggalan almarhum kakek. Dan dari situlah anggrekku berkembang sangat pesat. Dulu sewaktu dalam pot anggrek kuku macan ini hanya berkembang 3-sampai 6 tangkai tetapi setelah di pindahkan setahun kemudian berbunga menjadi 12-20 tangkai. Dan tahun kemarin anggrek ini berbunga lebih dari 30 tangkai. 😀

Penamaan Odorata sendiri berasal dari bahasa inggris “Odor” yang artinya bau. Yups, anggrek kuku macan memiliki bau yang khas, yang membuat pikiran menjadi rilex dan tenang (menurut aku sendiri sih hehehe). Aku paling suka berada di sekitar pohon kelengkeng saat angin sepoi-sepoi datang. Baunya yang harum terkadang membuatku mengantuk. Tapi aku suka 😀

Anggrek ini juga memiliki karakter tahan akan musim kemarau, terbukti dia masih kuat aja sekalipun aku tidak menyiraminya berminggu (Saat di pohon kelapa banyak ulat pohon alpukat jadi aku nggak berani menyiraminya)

Terima kasih buat grup di facebook ” Ayo Berkebun everybody can Grow Plants” Yang telah memberi tahuku nama anggrek ini 😀

Ini foto anggrek kuku macan yang sempat aku abadikan tahun lalu. Berharap tahun ini bunga anggrek ini akan berbunga lebih banyak lagi dari tahun lalu dan bermekaran saat ulang tahunku hahaha 😀 🙂

foto0646    1499647_10202141727082090_2119542595_n1538794_10202134585463554_126463178_n   1530406_10202141717041839_1350547788_n1532150_10202141714481775_1179958575_n
Referensi : http://www.krpurwodadi.lipi.go.id/index.php?pages=koleksi&sk=koleksidetail&id_koleksi=33

8 thoughts on “Namanya Anggrek kuku macan (Aerides odorata Lour., Fl. Cochinch)

    • iya,,, aku aj baru tahu namanya anggrek kuku macan 😀
      tp biar aneh, paling nggak aku bisa tahu namanya. Jadi nanti jika ad yg minta aku bisa jwb nama anggrek itu ap?? 🙂
      Terima kasih sudah berkunjung 😀

    • Ibu,, sebelumnya terima kasih sudah berkunjung ke blog saya 😀
      ini hanya koleksi saja bu,, tapi memang beberapa hari yg lalu saling barter anggrek di grup facebook 😀

Tinggalkan Balasan

