Cara Mendaur ulang Tas Kresek menjadi Gelang


Gambar

Kali ini saya mencoba berbagi ilmu sedikit. Inspirasi bisa di ambil dari tukang mainan sewaktu saya masih SD dulu. Saya dan kawan-kawan memanggilnya “PAK LEK”. Menurut saya Pak Lek itu adalah penjual mainan yang paling kreatif. Karna dia hanya menjual bahan-bahannya saja, dan kita (Aku & Kawan) di ajari untuk merangkainya. Sebenarnya cara menganyam ini sudah banyak di youtube, tapi orang yang pertama kali mengajarkan cara menganyam ini dan membagi ilmunya ya, Pak Lek si penjual mainan itu. :D. Bahkan ilmunya masih saya ingat sampai sekarang.

Dalam proses pembuatan gelang ini, ada perbedaan. Kalau Pak Lek  dulu menggunakan benang tetapi dalam tutorial kali ini saya memodifikasinya dari sampah tas kresek sebagai bahan utamanya. Apalagi sampah Tas Kresek sangat banyak  dan di biarkan begitu saja. Lebih baik digunakan menjadi barang yang bermanfaat dan lingkungan kita jadi bersih. 😀 😀 ^_^

Bahan-bahan yang di perlukan hanya adalah sampah Tas Kresek dan gunting.
Cara membuat:

1. Gunting plastik dengan lebar lebih kurang 4 cm dan untuk panjangnya sebaiknya sepanjang-panjangnya.  Ketika menggunting sebaiknya miring melingkari tas kresek itu sendiri, sehingga di hasilkan panjang kresek yang tak terputus. Usahakan memotong kresek dengan dua warna, agar gelang bisa terlihat motifnya

2.  bagi menjadi dua, yang satu lebih panjang dan yang satunya lebih pendek, kemudian  ikat pada ujungnya.

3. Nah pada bagian ini nih yang sulit di jelaskan, lebih baik lihat gambarnya aja ya… 😀
Gambar

4. Jika sudah bisa menguasainya, gunakan taktik kanan kiri kanan kiri. Maksudnya setelah kresek berwarna hitam dari kanan, selanjutnya dari kiri… hihihi ribet jelasinnya 😀
Teknik ini dulu sama Pak Lek di namai motif A, dulu aku dan teman-teman di ajari 2 motif, motif A atau motif I. Tapi karna ini juga masih iseng dan hasilnya cukup baik, untuk sementara saya masih membuat contoh yang bermotif A. Insya Allah saya mau share lagi dengan Motif I, bahkan mungkin motif-motif yang ada di youtube… ^_^
Terima kasih sudah berkunjung, silahkan di coba 😀

6 thoughts on “Cara Mendaur ulang Tas Kresek menjadi Gelang

Tinggalkan Balasan

