Asal Usul Nama Desa Sumbersuko


Gambar

Desa Sumbersuko, terletak di kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan. Sewaktu masih kecil, aku dan teman sebayaku bertanya-tanya, kenapa nama desa tempatku tinggal bernama Sumbersuko kepada pak Guru. Dan ternyata pak Guru malah balik bertanya padaku. Sebutkan nama-nama Sumber mata air yang ada di desa ini?Langsung saja aku sebutkan nama-nama sumber mata air yang aku ketahui misalnya sumber kambang, sumber dawed, dan masih banyak lagi tapi aku lupa nama-nama sumber mata air itu. Pak gurupun hanya berkata,” banyakkan sumber mata air kita?” Aku hanya memangangguk pelan sambil berkata ” jadi kata depan desa ini berasal dari banyaknya sumber ya pak?”. Dan pak guru hanya menjawab dengan sebuah anggukan.” Lalu nama Suko itu diambil dari apa pak?”. Waktu itu pak guru malah memberiku sebuah PR. “Sepulang sekolah nanti, coba kamu lihat dimana letak sumber mata air itu, dan coba liat ke atas langit. Ada apa disana?”

Gambar

Dengan rasa penasaran, sepulang sekolah aku dan teman-temanku menuju sumber mata air “Sumberkambang”. Disana ada bangunan besar yang sering kita gunakan sebagai tempat seluncuran. Ada pintu kecil, yang sampai saat ini aku belum pernah masuk kesana. Sambil bermain, aku dan teman-temanku mencari tempat sumber mata air tersebut. Tapi kita tidak tahu dimana pusat dari sumber mata air tersebut. Lalu tiba-tiba ada orang yang mengatakan untuk melihat sumber mata air tempat wanita mandi disana. Disana ada pohon besar menjulang tinggi. Ketika kita mandi teras dua perbedaan. Ketika kita mendekati pohon tersebut airnya terasa dingin,  dan ketika kita menjauhinya air tersebut seikit terasa hangat. Air yang terasa dingin itulah sumber mata air yang sesungguhnya. Dan ketika mata melihat kearah atas, hanya ada pepohonan besar yang menjulang tinggi di sana. Baru Kusadari pohon disekitar sumber mata air itu sama semua.

Keesokkan harinya aku mendatangi pak guru dan bercerita jika di sumber mata air Sumber kambang banyak pepohonan besar tinggi yang sama, kemudian aku bertanya pohon apakah itu. Dengan singkat pak Guru hanya bilang Pohon Suko. Dari situlah aku paham jika nama desa ini diberi nama “SUMBERSUKO” karena banyaknya sumber mata air yang berada dibawah pohon Suko, sehingga desa ini disebut Sumbersuko.

 

Tinggalkan Balasan

