Kepedulian kecil kita


“Jangan tanya apa yang negaramu beri, tapi tanya apa yang bisa kamu beri untuk negaramu ini” Kata-kata itulah yang mendorong saya untuk berbuat untuk negara ini, sekalipun itu hal yang sangat kecil.

Beberapa hari yang lalu, saya mendapat tugas mata kuliah Pembelajaran Berwawasan Kemasyarakatan, dimana pada mata kuliah itu, saya dituntut untuk melakukan penyuluhan atau pelatihan pada masyarakat yang bisa berguna bagi masyarakat itu sendiri.

Dari tugas yang telah di berikan membuat saya sedikit terdorong untuk mengerjakan tugas dengan baik.  Awalnya saya bingung mau membuat apa, kerajinan kain flanel sudah sering dan saya sudah bosan membuatnya. Ditengah kebingungan,  tiba-tiba anak tetangga saya datang meminta saran untuk memenuhi tugas mata pelajaran kewirausahaan di sekolahnya. Akhirnya kita berdiskusi bersama.

Melihat banyaknya sampah yang berpotensi mencemari lingkungan serta penyumbang dari pemanasan global, akhirnya kita memutuskan untuk membuat kerajinan dari bungkus kopi.

Hari pertama kita mencari-cari bungkus kopi di warung-warung serta tempat sampah di rumah-rumah warga. 

Gambar

Gambar

usai mengumpulkan semua sampah, masalah pertama datang. Kita tidak tahu bagaimana cara menganyam bungkus kopi dengan benar, dari youtube maupun dari beberapa sumber di internet lainnya tidak mendukung dengan baik. cara menganyam bagian sudutlah yang membuat saya dan lainnya pusing. Alhasil karya kita tidak sama dengan yang lainnya.

 

GambarGambarGambar

Gambar

Biar hasilnya belum sempurna tapi saya senang, hasil belajar dari internet telah jadi. Tapi saya berharap, hasil karya saya dan teman-teman bisa sempurna lagi. 

Apa yang bisa kamu berikan pada negaramu??? Ini caraku, meski tak berdampak banyak tapi kita semua telah berusaha. Tetap semangat untuk negri ini ya… 😀

 

Tinggalkan Balasan

